Wednesday, July 16, 2008

buku sekolah elektronik

Pemerintah kali ini mulai menuai simpati positif dari kalangan masyarakat luas, melalui kebijakan Buku Sekolah Elektronik. Dikutip dari acara televisi pagi tadi, Teguh Juwarno (kini menjabat sebagai sebagai humas Diknas) mengemukakan jika situs www.bse.go.id kini bisa diakses masyarakat luas untuk mengunduh sekitar 49 mata pelajaran dari tingkat SD-SMA. Buku ajar ini telah dibeli hak ciptanya oleh Depdiknas. Dari surat kabar harian Kompas, dikabarkan pemerintah telah menargetkan 295 judul buku sekolah elektronik pada Agustus 2008. Dengan adanya buku sekolah elektronik maka siapapun berhak untuk mengunduh, mencetak, memperbanyak dan menjualnya dengan ketepan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Di sela menyiapkan sarapan untuk suami, pandangan saya terperangah ke acara televisi tersebut, hmm..rupanya reaksi masyarakat cukup beragam, ada yang positif mendukung, adapula yang meragukan kesinambungan program tersebut.

Suami saya yang kebetulan melihat, langsung tersenyum penuh arti kepada saya…ya, karena dia tahu bagaimana perjuangan saya menulis hingga karya saya, buku ips sd yang kini menjadi salah satu buku yang dibeli oleh diknas (dalam hal ini yang melakoninya adalah pusat perbukuan). Saya hanya berharap, hal ini merupakan secercah harapan bagi para siswa dan guru. Mereka akan mudah mendapatkan buku ajar dengan harga yang murah. Tapi bagaimana dengan sekolah-sekolah yang berada nun jauh di sana, yang tidak terjamah oleh internet, dengan cara apa mereka mengunduhnya...(saya jadi ingat sekolah-nya si tokoh dalam laskar pelangi)..saya hanya bisa berdoa..semoga karya saya dapat diunduh dan dimanfaatkan dengan bijaksana.

4 comments:

catatan salwangga said...

ya, benar. apapun langkah pemerintah, adalah upaya untuk mencerdaskan rakyatnya.

hanya saja penyempitan sudut pandang lebih mengalahkan ego para pribadi.

sudah menulis satu buku ya bu, selamat kalo begitu. giliran saya yang iri, kapan bisa menhasilkan "karya" bagi negeri ini.

terus berjuang dengan menghasilkan buku yang lain ya...

Blog dr Didi K SpOG said...

ROYALTINYA NGGAK ADA YA? SISTEMBELI HABIS?

ADA GAYA2 MELAYU DALAM POSTINGAN2NYA...ADA KETURUNAN?

POSTING KHUSUS BUAT CHENDY SDH AKU BUAT...JUDULNYA TIPS SUPAYA NGGAK DIGUNTING...

chendi said...

pak dokter bisa ajah..
puak melayu ni pak...

unpredictable said...

tapi ko sekarang tidak bisa diakses ya......